Dinding MEA 2015 yang Harus di Lewati Indonesia

_Poros Mahasiswa_SINDO_edisi Januari 2015

Puspita Sari

Tahun baru 2015 merupakan tahun yang paling dinanti-nanti oleh para pengamat ekonomi sekaligus para peminat dalam sektor tersebut. Persaingan terhadap pasar bebas ASEAN yang nantinya akan berpengaruh terhadap perdagangan di Indonesia menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah serta perusahaan-perusahaan yang akan ikut berpartisipasi pada perdagangan antar negara di ASEAN ini. Serbuan barang-barang asing yang akan membanjiri pasar nasional yang akan berdampak pada hasil perekonomian negara juga menjadi suatu topik terhangat untuk dibahas. Akan tetapi beberapa hal yang  menjadi momok terbesar bagi para perusahaan-perusahaan yang berkecimpung di sektor ekonomi dan perdagangan.  Beberapa hal yang patut diperhatikan oleh perusahaan-perusahaan tersebut antara lain yakni:

Pemberian modal yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun instansi-instansi yang terkait dengan produksi barang impor maupun ekspor merupakan salah satu syarat perusahaan dapat mengembangkan usahanya. Kurangnya pemberian modal yang dilakukan oleh pemerintah, banyak berakibat beberapa perusahaan gulung tikar. Bisa saja para pengusaha tak akan mungkin menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Akan tetapi dengan kondisi pemerintahan seperti ini, mengakibatkan perusahaan-perusahaan asing banyak yang mengambil alih dan menguasai produk-produk Indonesia, akibat dari kurang perhatiannya pemerintah terhadap perkembangan pasar di Indonesia.

Lapangan kerja merupakan salah satu faktor yang harus dilakukan oleh pemerintah sekaligus pengusaha-pengusaha untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat. Setiap perusahaan yang menjadi pusat perkembangan dan pemasok barang-barang yang akan dikirim baik ke luar negeri ataupun antar wilayah wajib menambah karyawan yang ahli di bidangnya. Meskipun karyawan yang bekerja di perusahaan-perusahaan baik yang bersifat asing ataupun lokal bisa mencapai lebih dari puluhan ribu karyawan. Akan tetapi jika kuantitas dari karyawan pada suatu perusahaan tidak sebanding dengan kualitas karyawan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerugian yang besar terhadap perusahaan-perusahaan yang bergerak di dalam bidang perekonomian. Pemberian pelatihan kerja terhadap calon-calon pegawai maupun karyawan yang akan bekerja ialah bekal yang bisa menambah kualitas dari perusahaan untuk menghadapi MEA 2015. Serta pengurangan angka urbanisasi yang mengakibatkan jumlah pengangguran yang semakin tak terkendali.

Kemampuan masyarakat Indonesia untuk ‘menerjang’ arus perdagangan yang akan membanjiri pasar Indonesia sendiri. Suatu kemampuan yang perlu dibina oleh masyarakat dan pemerintah sebagai upaya untuk memberikan kemudahan untuk menghadapi pasar bebas ASEAN ini. Kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia sendiri diantaranya seperti penguasaan bahasa asing, peningkatan potensi diri yang bisa dilakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar, menggali potensi sumber daya manusia baik secara individu maupun kelompok.

Ekonomi di Indonesia saat ini memang sedang diuji oleh kehadiran MEA 2015 yang mengguncang perdagangan Indonesia. Kesiapan dari seluruh masyarakat serta pemerintah haruslah diperbaiki dan memberikan kontribusi yang layak demi membangun perekonomian negeri yang subur dan tak akan mati oleh gerusan MEA 2015. Harapan dari semua pihak agar Indonesia mampu menjadi negeri yang makmur dan dapat melewati MEA  ini tanggung jawab kita semua  sebagai warga negeri Indonesia

 

p.s : pertama kali bikin essay pas jaman maba dan buta essay. coba-coba bikin essay. eh, ternyata dimuat. alhamdulillah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s