Pemandangan yang Terukir di Hamparan Padang Rumput

Dalam perjalanan yang hanya terbiaskan oleh pemandangan berupa rerumputan, asap yang menggumpal dari rumah-rumahnduduk. dan beberapa hewan ternak yang digembelakan oleh para peternak. yahn.. siapa tahu nasib orang… orang yang tinggal di desa bisa menuntut ilmu dengan pelajaran khas orang perkotaan, sementara orang yang tinggal di perkotaan melayani hewan ternak. tapi di sebuah perjalanan dengan latar belakang masyarakat yang ramah, banyak ilmu yang didapat selain mempelajari bagaimana masyarakat mampu menerima keadaan kita, saling menghargai perbedaan. dan di sini bukan hanya konsentrat dan jerami padi yang digunakan untuk pakan. banyak sekalin lebih dari 10 macam pakan. dan sapi perah bukan sekedar berwarna monokrom hitam putih, tapi lebih dari sapi yang berwarna ‘monokrom hitam putih’ saja, jersey, kambing saanen, dsb..

Mungkin di dunia peternakan banyak orang yang menyangkut pautkan dengan kedokteran hewan., apa bedanya? apa persamaannya? tentu sama dan tentu beda. bedanya di sini peternakan kita menjadi dasar dalam mencari ilmu peternakan ‘hanya peternakan’ bukan hewan peliharaan sejenis kucing dan anjing dsb. lalu apa persamannya? persamannya kita sama-sama mempelajari peternakan tapi mungkin presentase dalam menerima ilmunya yang berbeda (untuk terjun ke lapang, dan penerimaan materi kuliah).

Moreover, kalian ndak akan bisa melihat mudahnya cara pemerahan di sapi perah, melihat poel dan sebagainya yang dilakukan oleh para peternak. nggak semudah yang dilihat orang-orang ketika mereka nonton tv atau ketika mereka melihat pemerahan oleh ahlinya..

Dan penentuan waktu terbaik untuk pemerahan, pemberian pakan, pembersihan kandang, bunting, laktasi, kelahiran, dan sebagainya.. seakan peternakan tidak kalah dengan mata kuliah yang lain seperti halnya perencanaan pembangunan yang memerlukan waktu yang tepat atau pengkalibrasian mesin yang sudah rusak. seperti itulah peternakan. tidak bisa digambarkan tapi bisa dirasakan oleh peternak dan peternaknya saja bagaimana meng-handle hewan ternak. dan berbicara tentang meng-handle ternak. tentu saja,  kita nggak bisa terlepas namanya breed, pakan, lingkungan. mereka lah penentu kualitas dari ternak yang akan bermanfaat bagi peternaknya.

 

 

sam_6856
topi ini lah yang menjadi teman
line_p20161207_065717832
di kandang dengan semua

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

Al Imran :14

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s